Sabtu, 12 November 2011

Komunikasi Data

KOMUNIKASI DATA
A.    Pengertian komunikasi data.
Kata “Komunikasi” berasal dari kata telekomunikasi (termasuk didalamnya telepon, telegrafh, dan televisi) yang berarti berkomunikasi jarak jauh. Kata “data” mengacu pada fakta, konsep, dan intruksi-intruksi yang direpresentasikan dalam bentuk apapun dan telah disetujui oleh semua pihak yang menciptakan dan menggunakan data tersebut. Dalam konteks sistem informasi , data direpresentasikan sebagai unit informasi binary (bit) yang menghasilkan dan menggunakan bentuk “0” dan “1”.
Komunikasi data adalah pertukaran data (dalam bentuk  “0” dan “1”) antara dua perangkat atau lebih melalui media transmisi tertentu (misalnya kabel, dll). Komunikasi dikatakan lokal apabila perangkat komunikasi terletak di dalam satu gedung atau area geografi yang terbatas. Sedangkan komunikasi dikatakan remote (jarak jauh) apabila perangkat yang digunakan di letakkan dalam jarak yang jauh.

B.     Tujuan komuniakasi data.
Tujuan komunikasi data adalah;
1.   Memungkinkan kita untuk mengirim data dalam jumlah besar, efisien, tanpa kesalahan, dan ekonomis dari satu tempat ketempat lain.
2.     Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jauh (remote computer use).
3.  Memungkinkan kemungkinan pengolahan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer.
4.      Mendapat data langsung dari sumbernya.
5.      Mempercepat penyebaran informasi.

C.    Komponen sistem komunikasi data.
Sebuah sistem komunikasi data terbentuk atas 5 komponen, yaitu;
1.      Pesan (message).
Pesan adalah informasi (data) yang ingin di komunikasikan. Dapat berupa teks, angka, gambar, suara, video, atau kombinasinya.
2.      Pengirim (sender).
Pengirim adalah perangkat yang mengirim pesan (data). Dapat berupa komputer, workstation, telepon, kamera, dan sebagainya.
3.      Penerima (receiver).
Penerima adalah perangkat yang menerima pesan. Dapat berupa komputer, workstation, telepon, dan sebagainya.
4.      Media transmisi (medium).
Media transmisi adalah jalur fisik yang di lewati pesan dari pengirim ke penerima. Dapat berupa kabel twisted-pair, kabel koaksial, kabel fiber optik, laser, ataugelombang radio (gelombang resestial atau satelit).
5.      Protokol (protocol).
Sebuah protokol adalah satu set aturan yang mengatur komunikasi data. Protokol merepresentasikan persetujuan antara perangkat-perangkat yang berkomunikasi. Tanpa protokol, dua perangkat mungkinterhubung. Akan tetapi, tidak dapat melakukan komunikasi data atau mentransmisikan datanya.

A.    Perbedaan Sinyal/Isyarat Analog Dengan Digital
a.       Sinyal Analog
Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.
Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis fourier, suatu sinyal analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus. Dengan menggunakan sinyal analog, maka jangkauan transmisi data dapat mencapai jarak yang jauh, tetapi sinyal ini mudah terpengaruh oleh noise. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.
·   Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. 
·   Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.
·   Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.

b.      Sinyal Digital
Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.
Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital. Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01, 10, dan 11. Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah.

B.     Areal fungsional pada komunikasi data.
      Areal fungsional pada komunikasi data, yaitu;
1.      Transmition system utilization.
2.      Interfacing.
3.      Signal generation.
4.      Exchange management.
5.      Error detection and correction.
6.      Flow control.
7.      Addressing.
8.      Routing.
9.      Recovery.
10.  Message.
11.  Protection.
12.  System management.

C.    Perangkat keras komunikasi data.
Selain perangkat keras utama, esperti misalnya input device, processing device, output device, dan masstorage, dalam sistem komunikasi data juga diperlukan beberapa perangkat keras pendukung untuk memperlancar proses pengiriman data. Perangkat keras pendukung tersebut antara lain yaitu;
1.    Modem (modulator-demodulator).
Modem berfungsi untuk mengubah data dari bentuk digital kedalam bentuk analog sehingga dapat ditransmisikan.
2.    Multiplexer (mux).
Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan beberapa signal mengunakan sebuah chanel transmisis bersama-sama dengan tujuan menghemat biaya transmisi.
3.    Concentrator.
Concentrator adalah alat yang fungsinya sama dengan multiplexer, yaitu menggabungkan signal data dari chanel transmisi kapasitas rendah ke chanel transmisi kapasitas tinggi. Akan tetapi, concentrator lebih mahal dibandingkan dengan multiplexer.
4.    Communication processor.
Communication processor adalah alat yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas semacam pengaturan arus data yang dikirimkan, pendeteksian kesalahan, dan pembetulan kesalahan bila memungkinkan untuk dibetulkan. Dengan tujuan agar CPU pada computerpusat dapat melakukanproses yang lainnya dan tidak terganggu dengan tugas tambahan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar